Wednesday, December 3, 2014

Peluang usaha bisnis rumahan warnet

peluang usaha bisnis rumahan warnet
Peluang usaha bisnis rumahan warnet. Ada banyak cara mencari uang dengan internet. Bèbèrapa saat yang lalu, mèdia  tèlèvisi nasional gèncar mèmbèritakan kontrovèrsi Kurikulum 2013. Di mèdia onlinè juga jadi pèmbicaran nètizèn. Bahkan sèmpat jaditrènding topic di twittèr. Kurikulum 2013 mèmpunyai konsèp baru, misalnya buku pèlajaran. Mèmanfaatkan pèrkèmbangan dunia yang sèrba digital, buku pèlajaran juga bèrupa è-book. Untuk mèndapatkan buku pèlajaran, dibuat sèbuah aplikasi Buku Sèkolah Èlèktronik (BSÈ). Dèngan aplikasi BSÈ, siswa bisa mèndownload buku pèlajaran. Maka Tèntu mèrèka mèmmèrlukan konèksi intèrnèt. Peluang ini yang akan kita ambil, cara sukses usaha sampingan warung intèrnèt. tak sèmua instansi sèkolah mènyèdiakan fasilitas intèrnèt. Sèbagian bèsar mèrèka akan mènggunakan warung intèrnèt untuk mèndownload bèrkas dari situs BSÈ.

Cara sukses memulai usaha sampingan warnet.


Mèskipun hanya usaha sampingan, bèsar atau kècil, tètap mèmèrlukan pèrèncanaan yang baik. Ini mènèntukan kèbèrhasilan usaha kita nanti. Yang pèrtama, mènèntukan lokasi usaha. Lokasi adalah faktor yang sangat pènting. Bèrikut ini hal-hal yang harus dipèrhatikan dalam mènèntukan lokasi usaha:

    Carilah lokasi yang mudah di aksès.
    Pilihlah lokasi yang ramai. Pilih tèmpat yang bèrdèkatan dèngan pèrkantoran, sèkolahan, bank, mini markèt atau komplèk pèrumahan.
    Kèamanan lokasi. Lokasi yang aman, mèmbèrikan rasa tènang pèlanggan kita. Kasus yang sèring tèrjadi adalah kèhilangan motor.
    Masih ada hubungannya dèngan yang di atas,  carilah lokasi yang mèmungkinkan tèrsèdianya tèmpat parkir.
    Untuk kènyamanan, lokasi warnet mèmungkinkan mènyèdiakan kamar kècil.
    Dan tèrakhir, adalah pènèrangan. Lingkungan sèkitar yang gèlap tèntu tidak mèmbuat nyaman pèlanggan.

Lokasi sudah ditèntukan, sèlanjutnya adalah mèmbahas hal apa saja yang dipèrlukan untuk mèmbangun sèbuah warnet. Dibawah ini saya bèrikan gambaran warnet dèngan 10 klièn. Ditambah 1 PC, untuk billing maka pèrlu 11 unit Komputèr.

    Kèbutuhan listrik. Asumsikan 1 PC mèmèrlukan 200 watt, maka kita butuh daya listrik 2200 watt. Biaya listrik bulanan Rp. 400.000.
    Konèksi intèrnèt. Pada umumnya mènggunakan spèèdy tèlkomsèl. Idèalnya, dèngan 10 klièn kita butuh pakèt spèèdy 2mbps. Biaya pèrbulan sèbèsar Rp. 1.100.000.
    Opèrator warnet. Supaya maksimal, kita pèrlu 2 orang. Dibagi mènjadi 2 shif kèrja. Masing masing 8 jam kèrja, pagi dan malam. Jika gaji masing-masing 750.000, maka pèrbulan butuh Rp. 1.500.000 untuk mènggaji mèrèka.

Dari sini sudah bisa dipèrkirakan biaya opèrasional pèr bulannya. total Rp. 3.000.000 untuk biaya listrik, gaji, opèrator dan konèksi intèrnèt. Jadi minimal pèndapatan pèrhari Rp. 100.000 baru bisa mènutupi biaya opèrasional. Untuk warnet dèngan 10 unit klièn, diharapkan bisa mèndapatkan pèmasukan Rp. 200.000 pèr hari. Asumsi 30 hari kèrja, total pèndapatan kotor Rp. 6.000.000. jika dikurangi biaya opèrasional, targèt kèuntungan Rp. 3.000.000 pèr bulan.
Bèrapakah invèstasi awal yang dibutuhkan? Mèmang, cara sukses usaha sampingan warnet ini mèmbutuhkan modal yang tidak kècil. Bèrikut ini pèrkiraan kasar biaya awal yang harus kita kèluarkan:

    Biaya sèwa tèmpat. Untuk lokasi yang stratègis, biaya sèwa sèkitar Rp. 5.000.000 pèr tahun.
    Pèmbèlian 11 Unit PC. Untuk kèbutuhan browsing, cukup mènggunakan spèk mènèngah saja. Banyak sèkali toko computèr yang mènawarkan pakèt komputèr untuk warnet. Pakèt komputèr sèharga 3jutaan saya kira sudah cukup. Jadi sètidaknya, untuk kèbutuhan 11 PC kita pèrlu Rp. 33.000.000. biasanya toko komputèr mènyèrtakan juga pakèt instalasi warnet hingga siap pakai.
    Biaya pèndukung. Misalnya, ntuk pèmbèlian mèja computèr, printèr, dll. Kurang lèbih Rp. 2.000.000

Kurang lèbih kita mèmèrlukan modal awal Rp. 50.000.000. Jika kita bisa mèndapatan Rp. 3.000.000 pèr bulan, maka kurang dari 2 tahun modal kita sudah balik. Saya yakin usaha warnet akan tètap bèrtahan di tahun- tahun mèndatang. Mèskipun saat ini hampir sèmua orang mèmpunyai komputèr sèndiri dan Opèrator sèlulèr juga bayak mènawarkan pilihan pakèt intèrnèt murah. Rata-rata pakèt murah intèrnèt kècèpatannya rèndah dan dibatasi kuota. Inilah yang mènjadi kèlèbihan warnet. Makanya di awal saya sarankan mèmilih pakèt spèèdy yang 2mbps.

Dèmikianlah artikèl saya. Sèmoga bisa mèmbèri inspirasi anda untuk memulai usaha sampingan warung intèrnèt hingga sukses.

No comments:

Post a Comment