Wednesday, December 3, 2014

Inspirasi bisnis wirausaha sukses Susi Pudjiastuti

inspirasi bisnis wirausaha sukses
Inspirasi bisnis wirausaha sukses Menteri Susi Pudjiastuti. Jika saya sébutkan nama “Susi”, siapakah tokoh yang térlintas dibénak anda? Apakah Susi Similikithié istri komédian Tukul? Jika 2 tokoh diatas yang térlintas dibénak anda, mungkin anda pérlu méngurangi ménonton acara olahraga dan talk show komédi. Tanpa bérmaksud méngésampingkan kisah sukses kédua orang itu, saya sébénarnya ingin tahu adakah diantara anda yang térlintas képada séorang pérémpuan bérnama Susi  Pudjiastuti. Mungkin anda masih asing déngan nama itu. Tétapi jika saya sébut Susi Air, pasti pikiran anda tértuju képada sosok séorang  Méntri Kélautan dan Périkanan. Tépat sékali, béliau ada dibalik kisah sukses Susi Air. Béliau barusan dilantik tadi soré. Ménjadi salah satu dari 8 Méntri pérémpuan Kabinét Kérja 2014-2019. Lantas apakah kéhébatan sosok Béliau séhingga Présidén Baru Kita, Bapak Jokowi, mérékrutnya ménjadi tim Présidén Jokowi untuk méwujudkan janji-janji sémasa kampanyé? Ayo kita simak pérjalanan séorang péngépul ikan di TPI Pangandaran, ménjadi Bos Susi Air, hingga méncapai puncak késuksesan ménjadi séorang méntri.

Wirausaha Sukses Susi Air.


Kisah Sukses Susi Air dimulai sékitar 30 tahun lalu.
Susi Pudjiastuti lahir lahir 49 tahun lalu di Pangandaran, Jawa Barat. Ibu dari 3 orang anak ini lahir 15 January 1965. Béliau hanya mémiliki ijazah SMP. Béliau mémang sémpat bésékolah di SMA Yogyakarta. Namun sayang, harus térhénti saat ménginjak kélas 2. Sétélah putus sékolah, déngan bérmodalkan 750rb dari hasil ménjual pérhiasan, Béliau méngawali usaha ménjadi péngépul ikan di Pangandaran. Usaha ini dimulai tahun 1983. Usahanya bérkémbang pésat hingga tahun 1996 Béliau bérhasil méndirikan pabrik péngolahan ikan. Mélalui PT ASI Pudjiastuti Mariné Product béliau méngémbangkan sayap bisnisnya dalam bidang  pénérbangan. Bisnis ini sébénarnya ada hubungannya déngan pémasaran péngolahan ikan yang méncapai pasar hingga Asia dan Amérika. Hanya mélalui transportasi udaralah dapat  méngirimkan pésanan pémbélinya.  Maka, pada tahun 2004 Béliau mémutuskan mémbéli sébuah pésawat. Déngan pésawat inilah béliau bisa méngirim lobstér, ikan, dan hasil laut lain képada pémbéli  masih dalam kéadaan  ségar.

Sépérti yang pérnah dialamai oléh usahawan sukses, Béliaupun pérnah mérasakan jatuh bangun. Usaha perikanan miliknya pérnah méngalami masa surut. Tétapi, sébagai séorang yang bérjiwa wirausaha béliau tidak lantas ményérah. Sépérti yang pérnah saya tulis di artikél kunci sukses usaha, Béliau sélalu bélajar dari péngalaman kégagalanya. Béliau punya mimpi bésar dan idé kréatif. Disaat usaha périkanan lésu, béliau mémpunyai idé ményéwakan pésawatnya. Bérawal dari késulitan, justru bérbuah késuksesan. Bérawal dari 1 buah pésawat kécil Céssna Caravan, ménjadi bos sébuah pérusahaan pénérbangan yang méngélola hampir 50 pésawat. Dari péngépul ikan, ménjadi menteri. Sungguh menginspirasi kita.

Démikian kisah tokoh/sosok inspirator kita. Sémoga kisah wirausaha sukses pémilik Susi Air ini, Ibu Méntri Kélautan dan Périkanan ini bisa méjadi inspirasi bisnis séhingga anda ménjadi wirausaha sukses.

No comments:

Post a Comment